Selasa, Desember 01, 2009

Lamaran - Meminang


Meminang ala Tradisi Tionghoa
– a.k.a Betrothal


(下娉xià pīng / 过大礼guò dà lĭ /纳彩nà căi

Hadiah pinangan ini adalah seperangkat hadiah yang dipersembahkan dari keluarga pengantin pria kepada keluarga pengantin wanita. Barang atau hadiah itu biasanya berjumlah genap yang berarti menggenapi kebahagiaan ganda (kedua belah pihak). Dan ini semua disesuaikan dengan kemampuan finansial juga. Untuk sebagian besar orang (dari keluarga perempuan) berharap jika hadiah pinangan diberikan dalam jumlah besar, karena menandakan anaknya dipinang oleh keluarga berada dan tentu saja akan merasa bangga. (heemm jadi ceritanya nilai jualnya tinggi nih???)



Memang beberapa dari barang-barang yang diserahkan bersifat musiman (ingat di China itu 4 musim) dan juga tidak memungkinkan ada di seluruh penjuru dunia. Tapi selama menyerahkan hadiah tersebut dalam jumlah GENAP, itu juga sudah pertanda menghargai dan menghormati keluarga pengantin wanita. Tapi khusus untuk jumlah uang biasanya dipakai angka 8 (bā – yang bunyinya mirip ‘fat’ dengan kata berkembang) atau 9 (jiŭ - artinya jangka panjang)


Yuks diliat ada apa ajah..jreng-jreng..


1.Uang keberuntungan (kalau di Indonesia mungkin bisa disebut uang susu), biasanya berjumlah dengan angka 9 contoh : Rp.1.999.900,- dll

2.Perhiasan , seperti gelang, kalung (ada yang 1 set) biasanya berbentuk “ double happiness-shuang xi” atau dragon-phoenix.

3.2 pasang kue (naga-burung surga) dan beberapa kue lain berupa kue tradisional China atau barat.

4. Makanan kering seperti, jamur, rumput laut (发菜 fa cai yang berarti lambang keberuntungan). Makanan laut terdiri dari teripang, sirip hiu, abalone, udang, juhi dll


5. 2 pasang ayam jantan dan betina, 2-4kg daging babi dalam potongan lengan yang berarti terbang ganda.

6. Sepasang ikan, untuk melambangkan “sheng qi” (kehidupan)

7. Sepasang kelapa, yang dilafalkan “ye zi” sebagai tanda kakek dan cucu.

8. Anggur atau arak (酒 - jiu) yang berbunyi sama dengan 久 artinya awet - langgeng


9. 4 macam buah kering, lengkeng, leci, chestnuts, kacang tanah, dibungkus kertas merah dan dimasukkan di dalam kotak yang disebut kotak pengikat. Dan dalam kotak yang lain terdapat beberapa jenis biji-bijian lain, daun cemara, buah angco (hong zhao) dll, benang merah (yang melambangkan jodohnya terikat) bersama uang susu dan sepasang lilin pengantin (khusus bergambar dragon-phoenix) dan 1 set kain merah dikemas menjadi satu kotak.

10. Buah segar, secukupnya, melambangkan hidup,tumbuh dan berbuah

11. Sepasang buah pinang, keberuntungan yang sama (ingat perumpamaan bagai pinang dibelah dua?).

12. Daun teh sebagai pertanda bahwa setelah pernikahan keluarga akan memiliki bibit / tunas yang baru (penerus)

Ribet?? iya banget, tapi ada beberapa yang memang tidak sama atau dipakai lagi untuk masing-masing tempat. tapi beginilah sekilas gambaran "lamaran atau pinangan" tradisi a la Chinese yang sarat makna dan kiasannya..

Bestman - 伴郎 bàn láng ,Bestmaid - 伴娘 bàn niáng


Selesai??? nanti dulu masih akan berlanjut.. ke prosesi berikutnya..

Continue...

Tidak ada komentar: