Selasa, November 24, 2009

"Sufei's Diary" (2008) - arti sebuah nama


well, jumpa lagi nyempetin nulis blog..(setelah sekian lama dihiraukan)

ada yang menarik hari ini.. hahaha berhubung udah terlalu lama gak aktif nulis di Blog ini, jadi agak kesulitan mencarinya.. dan seperti biasa dengan bantuan uncle google dimulai pencarian dengan judul "sufei's daily" dan ternyata tidak ketemu! yang muncul malah banyak web dengan nama "sufei" juga tapi DIARY (mirip agak nyerempet dengan Daily), kaget dan berasa penasaranjuga..

Setelah dicek ternyata itu adalah judul serial TV di China "Sufei's Diary" produksi oleh Huaso tahun 2008 kerjasama antara Sony Pictures Television (SPTI) dan China Film Group. Juga adaptasi dari serial Sofia's Diary (2003). Serial sebanyak 40 episode ini menceritakan gadis Beijing berusia 18tahun yang pindah dan beradaptasi untuk menimba ilmu di Shanghai. Dan dari referensi yang ada sepertinya mendapat sambutan yang lumayan dari para penontonnya plus mendaur banyak masukan iklan komersil.. (blum liat jelas apa yang bikin heboh) dan tadi kebetulan baru liat sekilas di situs youku.com sungguh mengejutkan zodiaknya ternyata sama AQUARIUS - 水瓶座!!! (OMG!) , tapi golongan darahnya beda.. diriku A dia B..sebenernya berasa bangga juga wehh ada film yang namanya mirip (hehehe)

苏菲日记 - Sufei riji (Sufei's diary)

Ok penjelasan.. sebenarnya nama sih gak sama (baik dari aksara dan penyebutannya) eehhmm jadi menjelaskan sedikit tentang bahasa mandarin nih..
seperti yang diketahui kalau aksara mandarin itu, satu bunyi bisa diwakili oleh empat nada (bahkan 5) dan lebih dari satu aksara serta arti yang berbeda pula..

nah nama mandarin asliku ( kenang-kenangan pemberian almarhum kakek dari papa-seperti layaknya tradisi patrialkal keturunan Tionghoa) yang berharap kalau cucu dalam - perempuan satu-satunya ini menjadi wanita anggun (Shu1) dan bijaksana berpengetahuan (Hui4)
hhm apalah arti sebuah nama.. tapi kalau buat nama mandarin itu penting.Biar sama bunyi, (sama/beda) nada tapi lain aksara bisa gawat! karena beda artinya (apalagi nama orang terkenal..pheww ini didapat dari pengalaman kerja di redaksi koran mandarin)
Dan karena melafalkan Shuhui (ini penulisan baku standar disebut PinYin) agak susah n bisa bikin liur muncrat buat lidah orang Indonesia jadilah yang muncul berbunyi 'su-fei' ..

Sedangkan di film (yang mirip dengan sebutan namaku itu) aksara mandarin-nya terdiri dari
marganya (Su1) dan namanyaFei1) yang artinya cantik dan harumnya bunga (karena masih ada aksara lain yang berbunyi 'fei' tapi artinya 'gak banget buat nama ;p)

Ada lagi penyesuaian bunyi misal dari nama barat menjadi nama mandarin. karena mereka mengambil kemiripan bunyi saja bahkan kadang terdengar lucu dan agak maksa hehehe..
contoh beberapa branded terkenal seperti berikut :



*

*

*

*

*

*

*

*

*

*

*

*

*

*

*

*

*

*

*

*


dan masih banyak yang lain.. apalagi apapun yang berbau barat, baik nama aktris,merek elektronik, francise makanan,nama hotel dll semua diganti dengan lafal mandarin yang mendekati bunyi aslinya, so jika disimak dan didengar dengan cepat baru bisa mencerna juga terbiasa (^_^)

yah begitulah sekelumit tentang penamaan dalam nama mandarin. untuk namaku itu semoga saya bisa membawa amanat yang tersirat dan tersurat dibalik nama pemberian kakek itu. hhmjika ada waktu luang jadi pengen liat serial Sufei's Diary itu di youku.com (maap masih Chinese version n Chinese subtitle)

3 komentar:

Unknown mengatakan...

AKHIRNYA!!! Setelah sekian lama neng...

So..about your name...hm...agak kurang pas tuh yang bagian wanita anggun hahaha...oke..oke..emang sih frekuensi lu jatuh udah berkurang JAUH daripada pertama kali gue ketemu elu or denger orang-orang itu cerita (Btw Mia udah pernah denger belum sih??) tapi tetep aja...masih kurang anggun...mungkin nanti kalo udah lebih tua or kalo udah ketemu temen-temen yang gak bangor kayak kita-kita baru berhasil hihihiihi...

Tapi untuk nama lu yang terakhir, udah lumayan mendekati :) berpengetahuan jelas, tinggal bijaksana-nya yang perlu dipoles hihihihi...

Sufei-Lie 淑慧 mengatakan...

btw gue sendiri juga gak pernah brasa mendekati artian yg pertama itu tuh.. dan brasa gak cocok bgt (gue lbh suka yg unisex ^_^) krn mgkn gak digariskan utk itu.

hhm tadi ajah cm mau beli cimory di indomaret (buka kulkas gue menjatuhkan gelas wong coco, segel2 harga2nya produk lain), ambil biskuit, jato jg bbrp biskuit2 sbelahnya dan tag harga2nya.. ambil tissue tag2 harga itu berjatuhan (untung gak diliat sm yg jaga)

soal jatuh gile loeee dah JAUHHHHHHHHH brkurang bo!!!! hhhm tapi kpentok ato kjepit itu yg blm ilang..ato hal-hal reflek diluar dugaan lain..pheww

Unknown mengatakan...

emang sih udah beda jauhhhhhhh dibandingkan dulu, tapi ya jangan sampe ilang total juga lah...itu 'kan ciri khas elu hahahaha...sayang kali kalo ilang :)

tapi lama-lama nama itu akan sesuai dengan elu kok Fei...lha gue aja juga gak nyaman dengan nama Caroline. Terlalu feminine menurut gue, tapi yah lama-lama merasa mulai 'terbiasa' dan yah sesuai juga lah hahaha...apalagi kalo lagi ingin menciptakan kesan yang agak-agak Arogan :)

selama lu enggak 'keberatan' nama sih, nama itu akan cocok dengan lu kok.