Kamis, November 20, 2008

Break 4 some Smile..

他没有看见您
一位老师在学生读课文的时候睡着了,一会儿又被学生乱哄哄的议论声吵醒,他不好意思地为自己辩解说:“你们都知道孔夫子吧?他见我教书教得好,就请我梦中和他相见,见面的时候,他还夸了我几句呢!”
第二天,有个调皮的学生也在课堂上睡着了。老师很生气,把他叫醒,批评他说:“你怎么在上课的时候睡觉呢?” 那个学生回答说:“我也想在梦里和孔夫子见见面。” 老师气得一拍桌子 :“像你这样不用功的学生,孔夫子怎么会见你!”学生忙争辩说:“我真的见到孔夫子了,他老人家还和我说了一句话!”“他说什么?” “他说,昨天他没有看见您。”


Dia tidak bertemu dengan anda
Seorang guru tertidur disaat murid-muridnya membaca pelajaran, tidak lama kemudian diketahui oleh murid-murid, dan dengan suara gaduh memprotes guru tersebut, Guru itu dengan sungkan membela dirinya sambil berkata: “kalian semua tau Konfusius kan? Dia melihat saya mengajar dengan baik, lalu mempersilahkan saya bertemu dengan Beliau di dalam mimpi, setelah bertemu, dia masih memuji saya beberapa patah kata loh!”
Hari kedua, ada seorang murid yang sangat nakal tertidur di dalam kelas. Guru sangat marah, dan membangunkannya, sambil ditegur berkata : “ kamu bagaimana bisa tertidur didalam kelas?” murid itu menjawab : “saya juga mau bertemu Konfusius didalam mimpi.” Guru itu dengan sengit berkata sambil memukul meja : “ murid malas seperti kamu ini, bagaimana Konfusius bisa menemuimu?!” murid bersikukuh membela diri : “ saya sungguh-sungguh bertemu Konfusius, dia juga masih berkata kepadaku sepatah kata!” “Dia berkata apa?”” Dia bilang, kemarin dia tidak bertemu dengan anda.”


说话不吉利
有个小伙子说话从来不加考虑,因此,常常在别人面前说出一些别人不爱听的话来,若人生气。有一次,一个人给儿子办满月,激情邻居们参加,大家便凑了份子前去贺喜。这个小伙子也想跟大家一起去。大家都劝他说:“人家今天是大喜的日子,你还是别去吧!去了净说不吉利的话,弄得大家都没意思。”他一听忙保证说:“我今天去了,一言不发,行不行?”大家见他一定要去,没办法,只好千叮咛,万嘱咐,然后带他一同前往。
到了邻居家,他果然一句话不说,别人贺喜时,他在后面跟着点头;别人碰杯时,他只顾闷头吃菜。大家见他这样,慢慢也就放心了。谁知在向主人告别时,他忽然开了口,向主人表白说: “ 我这个人平时爱说不吉利的话 ,招人讨厌,今天我可一句也没说。日后您的儿子要是得病死了,跟我可没关系!
Omongan yang buruk
Ada seorang pemuda bicaranya selalu tidak pernah dipikirkan, sehingga, sering di depan orang-orang mengeluarkan perkataan yang tidak enak didengar, membuat orang emosi. Suatu ketika, ada seseorang yang mengadakan syukuran sebulan anaknya, mengundang para tetangga untuk datang, semuanya berkumpul untuk mengucapkan selamat. Pemuda ini juga berpikir mengikuti yang lain pergi bersama-sama. Semua mengajurkan dia berkata : “ hari ini adalah hari bahagia orang, kamu harusnya jangan pergi deh! Pergi selalu mengucapkan omongan buruk, membuat semua orang hilang selera.” Dia mendengarnya langsung menjamin : “ hari ini saya pergi, sepatah kata tidak akan dilontarkan, boleh ya? “ semua melihat dia niat pergi, tidak ada cara, paling baik ribuan kali mengingatkan, puluhan ribu kali menegur, lalu membawanya pergi bersama.
Sesampai dirumah tetangganya, benar saja dia sepatah kata juga tidak keluar, disaat yang lain mengucapkan selamat, dia dibelakang hanya angguk-angguk kepala; disaat yang lain bersulang, dia berdiam diri makan dengan asiknya. Semua melihatnya demikian, pelan-pelan bisa sedikit lega. Siapa sangka disaat semua mau pamit kepada pemilik rumah, tiba-tiba dia membuka mulut, dengan jujur berkata kepada pemilik rumah: “ Biasanya saya ini orang yang selalu berkata hal-hal buruk, sehingga membuat orang-orang sebal, hari ini sepatah kata pun saya tidak berkata. Jadi jika di kemudian hari anakmu mati sakit, tidak ada urusannya denganku ya!


凑不到一块儿
实习回来,老师让每个留学生写一篇五百字的实习报告。玛丽写了三天,总是写不好,就去找朋友帮忙。朋友问她:“你学过了多少汉字?”“大概一千多”。“一千多?”朋友吃惊地说:“那你写一篇五百字的文章一定没有问题!”玛丽不好意思地回答:“我学过的汉字虽然不少,可它们总是凑不到一块儿。”
Tidak terkumpul jadi satu
Mendekati latihan, guru menyuruh setiap murid untuk menulis laporan dengan menggunakan 500 huruf (Aksara Mandarin). Mary sudah menulis 3 hari, selalu tidak dapat menulis lebih baik, lalu pergi mencari temannya untuk diminta bantuan. Temannya bertanya : “kamu sudah belajar berapa banyak huruf Han?” “ kira-kira seribu lebih”. “seribu lebih?” temannya dengan terkejut berkata : “ menulis karangan dengan 500 huruf Han harusnya bukan masalah!” Mary dengan sungkan menjawab : “walaupun saya mempelajari tidak sedikit huruf Han, tapi mereka selalu tidak terkumpul jadi satu.”

Tidak ada komentar: